Jumat, 13 Maret 2015

Mazmur 145-Amsal 1:1-7

Mzm 145:1-21 "Puji-pujian karena kemurahan Tuhan"

Kira-kira apa ya contoh kemurahan hati Tuhan kepada kita? Salah satunya disebutkan di ayat 20, Tuhan menjaga semua orang yang mengasihinya. Apa kita sudah merasakan penyertaan Tuhan dalam
kehidupan kita?

Yang bisa kita lakukan: Memberitakan kemurahan Tuhan

Cara yang paling gampang adalah saat kita mengobrol dengan teman, disitu kita bisa memberi kesaksian singkat tentang kemurahan Tuhan. Bagi yang suka meng-update status di media sosial, itu juga bisa jadi cara yang mudah untuk memberitakan kemurahan Tuhan. Yang paling penting, kita memberitakan yang benar-benar kita rasakan ya...

Mzm 146:1-10 "Hanya Allah satu-satunya penolong"

Berbahagialah orang yang memiliki pengharapan kepada Tuhan. Jadikanlah Tuhan sebagai satu-satunya sumber pertolongan kita.

Yang bisa kita lakukan: Menolong sesama

Karena Tuhan sudah menolong selama hidup kita, baiklah kita juga mencontoh Tuhan dengan cara menolong orang lain seperti saudara, keluarga, dan teman-teman kita.

Mzm 147:1-20 "Kekuasaan dan kemurahan Tuhan"

Seperti Tuhan memilih Israel menjadi bangsa pilihjan-Nya, Tuhan juga sudah memilih kita menjadi anak-Nya. Itulah kemurahan Tuhan yang harus kita syukuri selama hidup kita.

Yang bisa kita lakukan: Mengurangi rasa sombong

Manusia pasti ada rasa sombong, tetapi Tuhan membenci orang yang sombong. Mari kita bersama-sama mengurangi sifat sombong yang kita miliki.

Mzm 148:1-14 "Langit dan bumi, pujilah Tuhan!"

Perikop ini menceritakan segala seuatu harus memuji Tuhan. Jika segala makhluk memuji Tuhan, berarti kita pun harus memuji Tuhan. Ingat ya, Tuhan itu selalu menyertai kehidupan kita sehingga sudah seharusnya kita memuji nama Tuhan setiap hari.

Yang bisa kita lakukan: Mengucapkan terima kasih

Kita memuji Tuhan salah satunya sebagai bentuk terima kasih kita atas kebaikan Tuhan. Sudahkah kita mengucapkan terima kasih kepada setiap orang yang sudah menolong kita?

Mzm 149:1-9 "Nyanyian kemenangan bagi orang Israel"

Perikop ini berjudul Nyanyian kemenangan bagi orang Israel, tetapi isinya ternyata pujian bagi Tuhan. Dari sini kita tahu bahwa orang Israel mengakui Tuhan lah dibalik kemenangan mereka. Kita
hendaknya juga mengakui Tuhan yang bertindak dalam setiap kehidupan kita

Yang bisa kita lakukan: Makin rajin beribadah

Di ayat 1 bagian akhir disebitkan pujilah Dia dalam jemaah orang-orang saleh, dimana itu? Tentunya yang dimaksud berkumpul di gereja. Maka dari itu ayo kita makin rajin beribadah di gereja.

Mzm 150:1-6 "Haleluya"

Dengan nyanyian kita memuji Tuhan, dengan alat musik kita memuji Tuhan, dengan perbuatan kita juga bisa memuji Tuhan, namun satu hal yang penting adalah ketulusan hati kita saat memuji Tuhan.

Yang bisa kita lakukan: Memuji Tuhan

Perikop sebelumnya yang kita baca bercerita tentang pentingnya memuji Tuhan. Ayo kita ingat lagi mengapa kita harus memuji Tuhan dan mari kita memuji Tuhan setiap hari dengan tulus hati.

Ams 1:1-7 "Tujuan Amsal ini"

Dari membaca alkitab kita bisa mengerti firman Tuhan, bisa mengerti apa yang Tuhan inginkan dari kita. Membaca alkitab itu seperti kita mendengarkan didikan Tuhan yang disampaikan melalui firman yang tertulis di alkitab.

Yang bisa kita lakukan: Membaca alkitab

Membaca alkitab itu penting, karena kita bisa semakin kenal siapa Tuhan itu. Oleh karena itu, mari kita tingkatkan kebiasaan membaca alkitab kita.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Renungan ini dapat juga tersedia dalam bentuk pdf. File dapat diunduh disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...