Minggu, 15 Maret 2015

Amsal 15-Amsal 21

Ams 15 "Kumpulan amsal-amsal Salomo"

Perkataan kita juga bisa menjadi pedang bermata dua. Perkataan itu bisa menguatkan tetapi juga bisa menjatuhkan orang lain. Jadi kita mau menjadikan perkataan kita untuk apa? Perkataan yang menguatkan atau menjatuhkan?

Apa yang bisa kita lakukan: berhati-hati saat berbicara.

Hayo siapa yang pernah tidak sengaja berbicara yang tidak pantas? Secara tidak sengaja saja tidak baik, apalagi jika secara sengaja. Ayo kita mulai belajar memperhatikan kata-kata yang kita keluarkan.

Ams 16 "Kumpulan amsal-amsal Salomo"

Siapa memperhatikan firman akan mendapat kebaikan, dan berbahagialah orang yang percaya kepada TUHAN. Mengapa dikatakan berbahagia? Karena Tuhan selalu memiliki rencana yang baik dan barangsiapa percaya kepada Tuhan, berarti dia mempercayakan hidupnya kepada Tuhan yang sangat mengerti yang terbaik.

Apa yang bisa kita lakukan: berlaku jujur, jangan curang.

Jujur itu bisa kita lakukan dalam banyak hal. Kita tidak berbohong itu sudah termasuk jujur. Kita bermain sesuai aturan, itu juga termasuk perbuatan jujur.

Ams 17 "Kumpulan amsal-amsal Salomo"


Kui adalah untuk melebur perak dan perapian untuk melebur emas, tetapi Tuhanlah yang menguji hati. Tuhan mengetahui isi hati manusia, apapun yang dia pikirkan TUhan mengetahuinya. Apa isi hati dan pikiran kita sekarang?

Yang bisa kita lakukan: Tidak melanggar aturan
Aturan dibuat tidak untuk dilanggar melainkan untuk ditaati. Apapun aturannya: aturan sekolah, aturan dirumah harus kita taati.

Ams 18 "Kumpulan amsal-amsal Salomo"

Tidak semua teman itu baik, tetapi jika teman itu menjadi seorang sahabat maka dia akan menjadi teman yang dapat diandalkan. Kita juga harus demikian, tidak hanya menjadi teman tetapi menjadi sahabat yang setia

Yang bisa kita lakukan: Jangan malas
Malas itu macam-macam; bisa malas bangun pagi, malas mengerjakan tugas, malas belajar, dan malas datang ke ibadah. Ayo kurangi rasa malas kita!!

Ams 19 "Kumpulan amsal-amsal Salomo"

Tuhan akan marah saat kita meninggalkan Dia, namun Dia Allah yang baik. Tanpa sepengetahuan kita, Dia tidak pernah meninggalkan kita.

Yang bisa kita lakukan: Menjadi sahabat yang setia
Dari perikop ini kita bisa mulai mencoba menjadi tidak hanya menjadi teman namun juga sahabat.

Ams 20 "Kumpulan amsal-amsal Salomo"


Hiasan orang muda ialah kekuatan, hendaklah selagi masih muda memanfaatkan kelebihan diri kita untuk bekerja bagi Tuhan. Keindahan orang tua ialah uban, hendaknya kita tetap setia pada Tuhan sampai kita beruban (sampai lanjut umur).

Yang bisa kita lakukan: Mendoakan orang tua
Ayo kita mulai mencoba berdoa untuk orang tua sebagai bentuk kasih kita terhadap mereka.

Ams 21 "Kumpulan amsal-amsal Salomo"

Kita semua pasti punya rencana dalam hidup, misal liburan mau pergi ke luar kota atau memakai uang tabungan untuk membeli sesuatu. Di mata kita semua rencana itu baik, tetapi menurut Tuhan mungkin berbeda. Alangkah lebih baik jika kita menyerahkan semua rencana kita pada Tuhan.

Yang bisa kita lakukan: Belajar hemat

Keinginan itu tidak ada habisnya, mari kita belajar untuk mengendalikan keinginan kita. Dengan bijak memilih kebutuhan yang lebih penting.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Renungan ini juga tersedia dalam bentuk pdf, yang dapat diunduh disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...