Selasa, 02 Juni 2015

Yesaya 12 - Yesaya 17

Yes 12:1-6 = Nyanyian syukur atas keselamatan
Tuhan Maha Adil, Dia menghukum umat-Nya yang tidak taat kepada-Nya. Tuhan Maha Baik, Dia mau menerima kembali dan menunjukkan jalan keselamatan bagi mereka yang benar-benar bertobat.

Yes 13:1-22 = Ucapan ilahi terhadap Babel
Kehendak Allah itu nyata, Tuhan akan menghukum Babel dan itu terjadi. Tuhan juga mempunyai kehendak bagi kita semua, mari kita semua cari tahu apa kehendak Allah bagi diri kita dan lakukanlah yang dikehendaki-Nya.

Jin(21)= sebutan untuk jenis kambing liar.

Yes 14:1-23 = Ejekan tentang raja Babel
Kesombongan akan menghancurkan kita. Kesombongan membuat kita dibenci orang lain dan juga Tuhan. Tuhan akan menghukum kita karena kesombongan kita, segeralah bertobat saat kita merasa kesombongan sudah ada dalam diri kita.

Taruk(19)=tunas tumbuhan (pohon atau rumput); daun dan ranting (taruk) yang tumbuh pada cabang dahan atau batang kayu.

Yes 14:24-27 = Ucapan ilahi terhadap Asyur
Tuhan sudah berkehendak, tak ada yang bisa mengubah kehendak Tuhan. Dalam doa kita, jangan sekali-kali kita memaksakan kehendak kita pada Tuhan. Berserah, biarlah kehendak Tuhan yang terjadi pada diri kita.

Yes 14:28-32 = Ucapan ilahi terhadap Filistea
Pada akhir zaman, umat Tuhan akan mendapat keselamatan kekal sedangkan  umat berdosa akan mendapat hukuman kekal. Di pihak mana kita berada?

Yes 15:1 - 16:14 = Ucapan ilahi terhadap Moab
Hukuman Tuhan kepada umat berdosa amatlah berat. Periksa diri kita, jangan sampai kita termasuk pada umat yang berdosa.

Yes 17:1-11 = Ucapan ilahi terhadap Damsyik dan Efraim
Mengikut Tuhan dengan tidak sepenuh hati akan membuat kita lama-lama akan meninggalkan Tuhan dan mereka yang meninggalkan Tuhan akan mendapat hukuman dari-Nya. Sudahkah kita mengikut Tuhan dengan sepenuh hati?

Apa yang bisa kita lakukan: Datang kebaktian tepat waktu
Dengan datang kebaktian tepat waktu, kita akan mempunyai waktu sejenak untuk mempersiapkan diri kita sehingga saat kebaktian dimulai, kita bisa mendengarkan dengan baik.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Renungan ini juga tersedia secara digital, yang dapat di unduh disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...