Minggu, 24 Mei 2015

Yesaya 8 - Yesaya 11

Yes 8:23-9:6 = Kelahiran Raja Damai
Perikop ini berisi nubuat kelahiran Yesus dan nubuat ini telah tergenapi. Biarlah kehendak Tuhan yang terjadi dalam hidup kita.

Yes 9:7-10:4 = Murka TUHAN terhadap Efraim
Orang yang tidak mengenal Tuhan dan yang telah melupakan TUhan akan bertindak sesuai kehendak dirinya sendiri. Lalu apa yang seharusnya kita lakukan? Sebagai umat yang mengenal Allah tentu saja kita harus melakukan kehendak-Nya.

Yes 10:5-19 = Tentang celaka yang akan menimpa Asyur
Kerajaan Asyur yang menyembah berhala, menjadi alat Tuhan untuk menghukum Israel. Namun mereka juga tidak luput dari hukuman. Kita bisa dipakai Tuhan untuk menyelesaikan pekerjaan-Nya, tetapi kita harus tetap menjaga diri kita untuk tetap benar di dalam Tuhan.

Yes 10:20-27 = Sisa Israel diselamatkan
Mengapa ada yang diselamatkan? Karena mereka sadar dan kembali beribadah kepada Tuhan. Tujuan Tuhan menghukum manusia agar manusia berbalik ke jalan yang benar.

Yes 10:27-34 = Orang Asyur maju menyerang
Masalah yang kita alami bisa mengajarkan kita tentang kesalahan yang sudah kita lakukan. Setelah kita sadar, sudah seharusnya kita tidak melakukan kesalahan yang sama lagi.

Yes 11:1-10 = Raja Damai yang akan datang
Roh Tuhan disebut juga roh hikmat dan pengertian. Bersandar kepada Roh Tuhan (Roh Kudus), kita akan mendapatkan hikmat dan pengertian dari Tuhan. Sudahkah kita bersandar pada Roh Kudus? Atau bagi yang belum masihkah kita berdoa memohon Roh Kudus?

Yes 11:11-16 = Sisa-sisa Israel akan kembali
Tuhan sudah menebus dosa kita, apa yang dapat kita lakukan untuk membalas-Nya? Dengan mengajak orang lain mengenal Tuhan agar mereka dapat merasakan kasih Tuhan yang besar seperti yang kita rasakan.

Apa yang dapat kita lakukan? Berdoa memohon Roh Kudus
Roh Kudus dapat menghibur kita, Roh Kudus dapat menuntun kita agar tidak jatuh ke dalam dosa. Bagi yang belum mendapat Roh Kudus, teruslah berdoa memohon Roh Kudus. Bagi yang sudah, terus meminta kepenuhan Roh Kudus.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Renungan ini juga tersedia dalam bentuk digital, yang dapat diunduh disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...