Sabtu, 16 Januari 2016

Sikap Doa yang Benar


Kita tentu sering berdoa kepada Tuhan entah kita berdoa meminta Roh Kudus, hikmat, atau hal duniawi tetapi pernahkah kita berpikir tentang doa kita. Apakah doa kita itu benar dihadapan Tuhan? Sikap doa yang benar seperti apa sih? Mari kita bersama-sama baca empat poin mengenai sikap doa yang benar.
1.       Berdoa harus murni tanpa ada pikiran jahat
Dalam kitab Matius 5:23-24, Yesus mengatakan saat kita akan memberikan persembahan, jika kita ada masalah dengan saudara kita sebaiknya kita menyelesaikan dulu masalah dengan saudara sampai tuntas barulah kita memberikan persembahkan. Hal yang sama juga harus kita terapkan dalam doa, saat berdoa kita harus membuang pikiran jahat dari pikiran kita karena itu akan mengganggu komunikasi kita dengan Tuhan. Saat berdoa kita juga harus diawali dengan mengaku dosa karena kita hanyalah manusia biasa yang tanpa sadar dapat berbuat dosa seperti yang dituliskan di kitab Yakobus 5:16.

2.       Harus dilandasi rasa percaya atau iman
Tidak jarang kita mengalami masalah lalu berdoa untuk meminta jalan keluar, saat berdoa kita harus percaya bahwa Tuhan mendengar dan memberikan yang terbaik bagi kita. Yakobus 1:6 menuliskan agar saat kita meminta dalam doa harus dengan iman dan jangan bimbang karena saat kita bimbang digambarkan seperti gelombang laut yang diombang-ambingkan kian kemari oleh angin, orang yang bimbang berarti dia kurang percaya kepada Tuhan sehingga dia tidak akan menemukan jalan keluar dan terus jatuh dalam masalahnya.
3.       Berdoa harus tekun dan sungguh-sungguh
Tidak hanya percaya, tetapi penting juga berdoa dengan tekun dan sungguh-sungguh. Yakobus 5:17 menuliskan Elia yang dengan sungguh-sungguh berdoa supaya hujan tidak turun, dan hujan pun tidak turun selama tiga tahun dan enam bulan. Tuhan mungkin tidak langsung mengabulkan doa kita, tetapi bukan berarti Tuhan itu lupa. Kita hanya perlu berdoa dengan tekun dan bersungguh-sungguh sembari menunggu waktu yang terbaik dari Tuhan.
4.       Berdoa harus dengan motif yang tepat
Apa isi doa kita? Sebagian besar pasti meminta sesuatu J. Yakobus pasal 4:3 menuliskan seringkali kita sudah berdoa tetapi tetap tidak terkabul, apa yang salah sebenarnya? Yang salah adalah doa kita. Doa yang benar adalah doa yang sesuai kehendak Tuhan yaitu doa untuk mencari kebenaran dari Tuhan. Doa meminta sesuatu bukan berarti dilarang, tetapi permintaan kita haruslah sesuai dengan kehendak Tuhan bukan berdasarkan hawa nafsu kita.

Jadi dalam doa kita harus diawali dengan pikiran yang murni, buang dahulu segala emosi dan pikiran jahat kita dan jangan lupa mengaku dosa kita dalam doa. Saat berdoa juga harus dengan iman karena Tuhan pasti mendengar doa kita dan jika doa kita sesuai kehendak Tuhan, maka Tuhan akan mengabulkan doa kita sesuai dengan kehendaknya. Mungkin kita harus menunggu, tetapi tetap harus berdoa dengan tekun karena Tuhan sudah menyiapkan yang terbaik bagi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...