Sabtu, 18 April 2015

Pengkhotbah 11 - Kidung Agung 3

Pkh 11:1-8 = Pedoman-pedoman hikmat
Seringkali orang melakukan sesuatu tanpa berpikir lebih dahulu, sehingga dia malah mendapatkan masalah. Pedoman hikmat disini maksudnya adalah kita harus memikirkan segala sesuatu yang akan kita lakukan dan apa hal yang lebih baik adalah memikirkan segala sesuatu berdasarkan hikmat Tuhan, karena Tuhan mengerti yang terbaik untuk kita.

Pkh 11:9-12:8 = Nasihat bagi pemuda-pemudi
Apa yang dipikirkan saat kita masih muda? Bagaimana cara kita bisa mendapat kesenangan. Apa ada yang lebih baik lagi? Tentu ada, yaitu kita memikirkan bagaimana kita bisa hidup menurut kehendak Tuhan. Kesenangan dunia tidak kekal, akan berakhir tetapi jika kita berkenan dihadapan Tuhan, maka keselamatan sejati dan hidup kekal yang kita dapatkan.

Pkh 12:9-14 = Akhir kata
Pengkhotbah dengan hikmatnya mengajarkan semua orang tentang kebenaran, tetapi apa yang menjadi inti? Walaupun kita pandai dan berhikmat, tetap ingat dan takutlah akan Tuhan. Hikmat kepandaian semua berasal dari Tuhan.

Kid 1:2-8 = Mempelai perempuan dan puteri-puteri Yerusalem
Seberapa besar kasih Tuhan kepada manusia? Manusia yang penuh dengan dosa, yang seharusnya tidak bisa diampuni dosanya; Tuhan tetap mengasihi manusia, tetap memberi kesempatan kepada manusia untuk bertobat.

Kid 1:9 - 2:7 = Mempelai laki-laki dan mempelai perempuan puji-memuji
Tuhan memuji kita yang setia kepada-Nya, memuji kita yang selalu mengasihi-Nya. Kita pun sudah seharusnya memuji Tuhan, karena Dia sudah terlebih dahulu mengasihi kita.

Kid 2:8-17 = Di pintu mempelai perempuan
Tuhan memanggil kita untuk segera keluar, keluar dari perbuatan dosa yang telah kita lakukan dan berbalik kepada Tuhan. Terimalah kasih karunia dari Tuhan!! Tuhan mengalahkan iblis demi menyelamatkan kita semua.

Kid 3:1-5 = Impian mempelai perempuan
Saat kita berdoa meminta Roh Kudus, prosesnya ada yang sebentar sudah dapat tetapi ada yang harus menunggu lama baru mendapat Roh Kudus. Jangan kita menyerah, teruslah berdoa. Mendapat Roh Kudus adalah kehendak Tuhan, saat Tuhan memberikan Roh Kudus pada kita, jagalah Roh Kudus itu pada diri kita. Jangan sampai Roh Kudus hilang gara-gara kita tidak menjaga diri kita dengan baik.

Apa yang bisa kita lakukan : berdoa meminta Roh Kudus
Bagi yang belum menerima Roh Kudus, jangan menyerah terus berdoa meminta Roh Kudus. Bagi yang sudah menerima Roh Kudus, berdoa memohon kepenuhan Roh Kudus agar hidup kita selalu dipimpin oleh Tuhan.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Renungan ini juga tersedia dalam bentuk pdf, yang dapat diunduh disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...