Rabu, 26 April 2017

Mengelilingi Kota Yerikho

Yosua 6:3-4 ( TB )  Haruslah kamu mengelilingi kota itu, yakni semua prajurit harus mengedari kota itu sekali saja; demikianlah harus engkau perbuat enam hari lamanya, dan tujuh orang imam harus membawa tujuh sangkakala tanduk domba di depan tabut. Tetapi pada hari yang ketujuh, tujuh kali kamu harus mengelilingi kota itu sedang para imam meniup sangkakala.

Kenapa Tuhan memerintahkan bangsa Israel untuk mengelilingi kota Yerikho sehari sekali selama enam hari dan di hari ketujuh mengeliling sebanyak tujuh kali?



Robohnya tembok kota saya yakin bukan karena  banyak orang Yerikho bersandar di tembok seperti asumsi beberapa orang, atau karena hal lain, tetapi karena Tuhan yang merobohkan tembok itu dan Tuhan mampu merobohkan tembok kota itu langsung tanpa bangsa Israel harus mengelilinginya sekalipun. Tapi kenapa bangsa Israel harus mengelilinginya selama itu?

Perintah mengelilingi tembok kota itu sehari sekali mengajarkan kepercayaan kepada Tuhan (belajar mengalahkan kekuatiran dan ketakutan) dan kesetiaan melakukan perintah Tuhan. Dalam tujuh hari mengelilingi tembok kota itu sebenarnya bisa saja ada bahaya pasukan Yerikho menyerang keluar, apakah bangsa Israel bisa mengalahkan kekuatiran dan ketakutan tersebut. Kedua mengajarkan kesetiaan karena robohnya tembok itu terjadi sekaligus pada hari ke tujuh, bukan perlahan-lahan setiap hari menunjukkan keretakan setelah dikelilingi.

Percayalah kepada Tuhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...