Sabtu, 09 Mei 2015

Yesaya 2 - Yesaya 5

Yes 2:1-5 Sion sebagai pusat kerajaan damai
Kebenaran Firman TUhan dan ketaatan umat-Nya melakukan firman-Nya dapat menjadi berkat bagi semua bangsa di dunia dan memberi kedamaian bagia dunia.

Yes 2:6-22 Hukuman TUHAN terhadap semua orang yang meninggikan diri
Jangan kita sombong, karena orang sombong dihukum Tuhan. Hanya Tuhan saja satu-satunya Yang Maha Tinggi. Orang yang menganggap dirinya dapat selamat karena kepandaiannya atau karena kekayaannya itu berarti dia telah menjadikannya sebagai tuhannya, orang seperti ini akan dihukum Tuhan. Jangan mengandalkan orang lain dalam hidupmu tetapi berdoalah minta kepada Tuhan maka engkau akan disertai-Nya.

Yes 3:1-15 Hukuman TUHAN terhadap orang-orang yang menyesatkan bangsa itu
Menurut penghakiman Tuhan, orang menyesatkan dan orang yang disesatkan sehingga berbuat dosa juga, keduanya akan dihukum Tuhan. Jadi yang baik dan sesuai dengan kehendak Tuhan ialah taat dan bawalah orang lain untuk percaya kepada Tuhan.

Yes 3:16-4:1 Hukuman TUHAN terhadap wanita-wanita Sion yang sombong
Kecantikan dan perhiasan yang sifatnya hanya jasmani adalah kesombongan, Tuhan tidak menyukainya. Tetapi hendaknya kecantikan dan perhiasan itu yang bersifat rohani. Contohnya buah roh (sabar, lemah lembut, penguasaan diri).

Yes 4:2-6 Yerusalem disucikan dan dilindungi
Kita adalah orang-orang yang berbahagia karena TUhan sudah tebus dosa kita. Tuhan juga memberkati orang-orang yang telah ditebus dengan kedamaian dan sukacita.

Yes 5:1-7 Nyanyian tentang kebun anggur
Bagaimana perasaanmu jika orang yang kamu sayangi; yang selalu kamu lindungi malah berbuat jahat kepadamu? Demikian juga Tuhan telah lebih mengasihimu tetapi jika kamu tidak taat pada Tuhan maka kamu akan dihukum.

Yes 5:8-24 Peringatan tentang pelbagai keburukan
Janganlah menolak Firman Tuhan. Jangan menganggap kepandaian dan kekayaan yang kita punya adalah karena kerja keras kita. Tetapi dengarlah dan taatilah Firman Tuhan serta katakan bahwa semua yang kita punya adalah pemberian Tuhan.

Apa yang bisa kita lakukan: menghasilkan buah roh
Apa saja buah roh itu? kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Coba kita lakukan satu hari satu saja. Itu sudah baik.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Renungan ini juga tersedia dalam bentuk digital yang dapat diunduh disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...