Selasa, 26 Juli 2016

Asal-usul Hari Raya Paskah

Arti kata Paskah adalah melewati (Pass Over), dimana Tuhan melewati rumah-rumah yang ada tanda darah anak domba, sedangkan rumah yang tidak ada darah anak domba dimasuki dan anak sulungnya dibunuh (Kel 12:12-13)

Ketika bangsa Israel tinggal di Mesir, mereka hidup sebagai budak dibawah kekuasaan Firaun. Mereka sangat menderita. Kemudian Tuhan menghukum bangsa Mesir dengan 10 tulah. Tulah yang terakhir/tulah yang ke-10 adalah kematian anak sulung orang Mesir.
Bagaimana pelaksanaan tulah yang ke-10 ini? Tuhan menyuruh bangsa Israel menyembelih anak domba paskah. Kemudian darah anak domba tersebut disapukan pada kedua tiang pintu dan ambang atas rumah-rumah orang Israel. Di dalam rumah, orang Israel harus makan daging anak domba, roti tidak beragi, dan sayur pahit (Kel 12:1-14).

Malam hari, Tuhan memasuki rumah-rumah orang Mesir dan membunuh anak sulung mereka, sedangkan rumah-rumah orang Israel, karena sebelumnya dibubuhi darah anak domba pada kedua tiang pintu dan ambang atas sebagai tanda, maka Tuhan melewatinya-tidak masuk dan membunuh anak sulung orang Israel.

Bagian kedua: Arti Perayaan Paskah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...