Sabtu, 03 September 2016

Satu Kandang

Alkitab mencatat tentamg 1 kandang di Yoh 10:16 Tuhan mencari domba yang di kandang lain yang tersesat. Atau orang lain yg sudah ada di kandang namun lari dan menjadi tersesat. Tuhan adalah gembala. Tuhan adalah imam besar. Kita masuk harus mau mentaati gembala. Bisakah kita menuruti kriteria berdasarkan ayat 16?



1. Domba harus kutuntun
Ini syarat mutlak, harus mau dituntun Tuhan. Bagaimana caranya sedang kita tidak melihat Tuhan? Yesus turun ke dunia untuk memberikan contoh & teladan, kita harus mengikuti contoh dan teladan yang ditunjukkan Yesus. Yang bisa kita lakukan adalah memahami teladan Yesus yang tertulis di alkitab lebih dalam lagi dan jadikan itu sebuah tuntunan hidup. Dari tuntunan tersebut, kita melakukan perubahan dalam karakter dan hidup menurut teladan Yesus. Yes 40:3-5, umumnya nubuat ini dimengerti sebagai nubuat tentang Yohanes Pembaptis, tapi ayat ini juga berisi hal yang lain. Jika kita menuruti tuntunan Tuhan, maka hidup akan damai sejahtera dan kemuliaan Tuhan akan dinyatakan. Orang lain mungkin/akan memandang aneh karena kita menuruti tuntunan Tuhan, contoh banyak yang menyontek saat ulangan/ujian tapi kita sendiri tidak ikut, saat Sabat (Sabtu) kita ibadah ke gereja sedangkan orang lain bisa bersenang-senang atau melakukan hal lain. Namun kita percaya dengan menuruti tuntunan Tuhan, maka kemuliaan-Nya akan dinyatakan. Kadang kita juga bisa "merasa" hidup menurut tuntunan Tuhan menjemukan/monoton, padahal sebenarnya tetap ada masalah yang kita hadapi tapi kita merasa damai karena tuntunan Tuhan. Hal inilah "sepertinya" menjemukan tapi harus kita sadari bahwa damai sejahtera lah yang kita dapatkan. Dari damai sejahtera (yang kita rasakan baik waktu senang atau sedih) kemuliaan Allah harus dinyatakan.


2. Mendengar suara-Ku
Gembala yang baik, saat kita mulai menyimpang, melihat rumput tetangga yang terlihat hijau namun beracun, akan mulai dan terus memanggil untuk mencegah kita jatuh dalam penyimpangan. Panggilan ini bisa dari saudara seiman dalam bentuk pembesukan. Domba yang baik akan mendengar suara gembala, namun tidak hanya mendengar tapi juga melakukan yaitu kembali kepada gembala.

Yang paling penting kandang hanya ada satu. Kandang adalah pikiran. Jika kita sudah masuk ke kandang Tuhan, maka pikiran kita harus fokus kepada Tuhan. Fokus berarti menuruti tuntunan Tuhan dan kita akan merasa damai sejahtera karena Tuhan menuntun ke air yang tenang dan rumput yang hijau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...