Jumat, 25 Agustus 2017

Hamba


Hamba=pelayan=pekerja
-punya atasan
-tidak memiliki kehendak bebas

Kita sebagai hamba (duniawi/rohani) harus mawas diri.

Dalam setahun kita sudah jadi hamba yg baik atau jahat?

Hamba yang baik merasa dirinya terikat dengan atasannya, hidupnya bukan miliknya lagi. Jika menyebut diri sbg hamba Kristus berarti hidup kita sudah terikat dengan Tuhan. Saat kita percaya dan dibaptis hidup kita sudah menjadi milik Kristus jadi tidak bisa bertindak seenak sendiri (1 Kor 6:20).

Mengaku hamba Kristus tapi masih mementingkan diri sendiri dan mengandalkan sepotong ayat alkitab "Roh penurut tapi daging lemah", itu berarti kita telah menjadi hamba yg jahat.

Harus minimal berusaha memberi porsi yg sama bagi tubuh. Makan makanan jasmani 3x sehari maka makan makanan rohani juga 3x sehari, bisa dimulai dengan berdoa.

Sebagai hamba hidup menjadi kehendak Kristus, namun kita diberi kebebasan. Sekarang mana yg akan kita ikuti? Jangan karena kita terikat maka kita merasa terkungkung, tidak bebas. Karena itu bertujuan agar kita tetap sesuai dengan kehendak-Nya. Diharapkan karena kita sudah ditebus dengan harga yg mahal (1 Ptr 1:18-19), kita meninggalkan cara hidup yang lama dan hidup menurut Kristus.

Berusaha menjadi hamba yang baik karena Tuhan telah menebus dengan mengorbankan diri-Nya, kita harus memuliakan Tuhan dengan diri kita, apa yg kita bisa, dengan seluruh kemampuan kita dan hidup kita mencerminkan Tuhan Yesus.

Hamba yang baik harus bekerja keras, bukan secara sengaja menganggur, tidak bekerja. Saat ada saudara seiman sedang lemah kita besuk jangan kita acuhkan. Yesus berkata jadikan semua bangsa murid-Ku, jadi kita harus bekerja keras untuk melakukan perintah Yesus. Jika kita hanya berdiam diri dengan keadaan gereja, gereja tidak akan maju. 

Lalu apa yang harus kita lakukan? Melakukan apa yg Tuhan perintahkan, tidak melanggar firman-Nya. Orang yg melanggar firman-Nya berarti telah bersekutu dengan dosa dan tidak akan diterima Tuhan (Mat 7:21).

Hamba yang baik tidak menonjolkan dirinya karena Tuhan mengetahui semua perbuatan kita. Hamba yg telah lama bekerja maupun hamba yg baru bekerja adalah sama dimata Tuhan. Jadi jangan karena kita sudah melakukan banyak pekerjaan Tuhan kita merasa benar karena Tuhan melihat kita apakah kita sudah sesuai dengan kehendak-Nya.

3 kehendak: Tuhan, setan, manusia

Kehendak yang paling berat adalah kehendak manusia/diri sendiri. Kehendak Tuhan bahkan setan jika kita tidak mau tidak akan dilakukan tetapi kehendak diri sendiri pasti akan dilakukan (jika kita sudah berkata malas, tidak ingin maka hal itu akan terjadilah)

Mat 25:45-47
Hamba yg baik adalah hamba yg melakukan sesuai kehendak pemikiknya, jadi jadilah hamba Kristus yg bauk dengan melaukan semua firman-Nya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...