Senin, 25 September 2017

Menyembah Tuhan dalam Kasih dan Kebenaran


Bahan: Yoh 4:22-24

Apa maksudnya menyembah Tuhan dalam roh?

Menyembah dalam roh berarti tidak selalu harus menyembah Tuhan pada suatu tempat atau suatu kondisi tapi dimana pun bisa menyembah Tuhan dalam roh. Kita menyembah Tuhan dalam roh karena kita telah menjadi anak Allah (Yoh 1:11-13)

Bagaimana kita bisa fokus dalam roh? Dengan bantuan Roh Kudus yang diberikan oleh Allah (Yoh 3:31-34), siapa yang meminta kepadanya Allah akan memberikan. Kita sebagai umat yang percaya harus berjalan sesuai dengan kehendak Allah dan sesuai teladan Yesus (Yoh 3:35-36)

Jika sudah menyembah dalam roh maka berlanjut ke menyembah dalam kebenaran. Selama hidup kita yang dilahirkan sesuai dengan keinginan Allah, harus hidup bukan demi makanan dunia yang dapat binasa tapi demi makanan yang bertahan sampai hidup yang kekal (Yoh 6:27-29). Maksudnya adalah kita hidup dan bekerja untuk memenuhi kehendak Allah. (Yoh 6:38-29).

Tuhan Yesus datang ke dunia bukan untuk menghilangkan taurat namun untuk menggenapi taurat. Kita sekarang hidup bukan lagi dibawah taurat tapi dalam kasih karunia Tuhan (Gal 5:4-6), dengan hidup dalam kasih karunia Tuhan maka kita pun harus berbuat kebaikan sekalipun karena itu kita dapat menderita (1 Ptr 3:13-14). Tuhan juga menginginkan kita untuk siap sedia mempertanggungjawabkan perbuatan (yang bisa dianggap bodoh oleh dunia) dengan hati nurani yang tulus. Ini bukan hal yang mudah, kita harus menjaga emosi saat kita dalam posisi benar namun dipersalahkan oleh orang lain dan tetap dengan lemah lembut bertindak (1 Ptr 3:15-16). Itulah yang Tuhan inginkan dari kita untuk menderita karena kebenaran seperti teladan Yesus yang menderita karena dosa kita (1 Ptr 3:17-18). Kita harus bisa bertahan demi kehendak Tuhan, bagaimana kita bisa bertahan? Kita bisa mengisi pikiran kita untuk selalu menuruti kehendak Tuhan (1 Ptr 4:1-4). Saat kita berbuat baik, kita harus memastikan perbuatan kita tidak menyesatkan orang, harus tetap teguh dalam kebenaran Tuhan (2 Ptr 3:11-17)

Sebagai penutup, kita harus senantiasa bertumbuh dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan (2 Ptr 3:18). Bertumbuh dalam kasih karunia berarti kita dipimpin oleh Roh Kudus. Bertumbuh dalam pengenalan Tuhan dapat didapat dengan kita membaca firman dan melakukannya dalam hidup kita. Pengalaman rohani yang dirasakan akan membuat kita semakin mengenal dan dekat dengan Tuhan, sehingga kita dapat mengerti apa kehendak Tuhan bagi hidup kita yaitu menyembah dalam roh dan kebenaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...